Minggu, 29 Mei 2011

bab 8 (truelove)

Beberapa hari kemudian, saat aku berada di kamar mandi bibi mengetuk pintu kamarku.
“ Ada apa bi??”
“ Itu non ada tamu!”
“ Siapa? mama udah pulang ya??”
“ Bukan, tapi di bawah ada yang cari non Raysya”
Aku pun turun untuk melihat siapa yang datang…
“ SURPRISE”
“ Ya ampun… kok bisa ada disini sih?” ternyata yang datang  itu teman-temanku, ( Anita, Rimbi, Adit, Arul, Sonya, dan juga ada Ricky).
“ Raysya… gue kangen sama loe…”
“ Aduh… Rimbi… gue juga kangen sama loe… Adit… Arul… gimana kabar loe??”
“ Kita baik kok Ra… loe sendiri gimana?”
“ Baik juga kok!!”
“ Oiya Ra, malam ini kita nginep disini ya! soalnya kalau gue, Adit sama Arul harus sewa hotelkan mahal”
“ Yang bener?? ihhh gue seneng banget! Ya udah… Biiii”
“ Ada apa non??”
“ Siapin kamar buat mereka semua ya!”
“ Baik non…”
“ Oiya Bi… karena kita jarang kesini boleh donk!! kalau kita minta di masakin, soalnya kita kangen banget sama masakan bibi…”
“ Ya sudah saya siap-siap dulu ya!”
          Malam harinya, mereka semua bersenang-senang… tapi saying ya nggak ada Tanya. Tak mau ketinggalan moment – moment kayak ginii Raysya pun mengambil handycamnya untuk mengambil gambar.
“ Bi… lihat Raysya nggak??” tanya Ricky…
“ Waduh… saya juga tidak tahu… tapi kalau aden ketemu sama non Raysya, tolong kasih ini ya! sekarang jadwalnya dia minum obat”
“ Ini obat apa?”
“ Saya juga tidak tahu, tapi katanya ini hanya vitamin, biar nggak cepet lemas”
Ricky pun mencari sang pacar, saat melewati taman belakang, ia melihat pacarnya itu yang sedang mengambil gambar secara diam-diam.


“ Hey… kok sendirian aja??”
“ Ricky… ngapain kamu disini? kenapa nggak disana aja? gabung sama yang lain”
“ Kamu sendiri ngapain sendirian? padahal kamu jadi tuan rumah, udah gitu kenapa ambil gambarnya diam-diam?”
“ Aku nggak mau ganggu hubungan mereka Ric… Anita sama Arulkan lagi kangen-kangenan, terus Rimbi, Adit sama Sonya lagi serius mainan monopoli”
“ Tapi… bukannya dengan adanya kamu… kalian bisa tambah komlpit seneng-senengnya?”
“ Tanya gimana??”
“ Ya udah itu terserah kamu, Oiya kamu minum obat dulu ya!”
“ Nanti aja ya Ric!!”
“ Raysya aku emang nggak tahu ini obat apa, tapi yang jelas setiap obat itu harus di minum secara teratur”
“ Ok, aku minum, thank ya!”
“ Oiya Ra… aku minta maaf ya! atas sikap papa beberapa hari yang lalu… terus aku juga minta maaf kalau akhir-akhir ini kita udah jarang ketemu…”
“ Kamu itu ya! udah berapa kali sih aku bilang… Iya aku udah maafin sikap papa kamu… Lagi pula papa kamu kayak gitu karena dulu ada masalah sama Papa Reykan?? yang kalau tandre… kalau masalah kita jarang ketemu… kan masih ada telphon…”
“ Oiya Ra… tahun baru nanti… kamu mau nggak tunangan sama aku??”
“ Harus berapa kali sih aku jawab? Bukannya aku nggak mau… tapi belum saatnya…”
“ Tapi Ra… Kita kan udah lebih dari setahun pacaran… masa masih kurang sih pendekatannya?”
“ Bukan masalah pendekatan…”
“ Kalau bukan itu masalahnya, terus apa?? orang tua kita juga udah setejukan kalau kita tunangan”
“ Tapi Ric…”
“ Apa gara-gara cowok lain yang bernama Eric??”
“ Kok ngomongnya gitu sih?”
“ Kalau bukan itu… apa alasannya??”
“ Aku Cuma nggak mau bikin kamu kecewa sama aku nantinya… Ric… papa kamu belom ngerestuin kita… terus kamu sama aku juga masih sibuk sama urusan masing-masing… aku sibuk sama jadwal kuliah… sementara kamu… kamu aja belom nyelesaiin skripsi kamu gara-gara sibuk di kantor papa kamu… Lagi pula perjalanan untuk masa depan itukan masih jauh… masih banyak hal yang lebih penting dari sekedar tunangan…”
“ Tapi aku takut kehilangan kamu Ra…”
“ Ricky… kalau kita jodoh… maupun banyak halangannya pasti nggak ada pengaruhnya… Kamu percayakan sama cinta sejati?? kalau aku percaya banget… udah ya! aku masuk dulu…” Saat ingin melangkah tanganku di tarik dan Ricky langsung memelukku…
“ Ra… aku sayang banget sama kamu…”
“ Aku juga Ric…” Raysya pun udah nggak kuat buat ngeluarin air mata.
          Beberapa hari kemudian… saat aku pulang setelah menjalani kemo, mama yang sedang ada di dapur menanyakan suatu hal yagn bikin aku kaget.
“ Sya… kamu habis dari mana??”
“ Ya… habis dari kampuslah, kenapa emangnya?”
“ Kok lama banget sih?? memangnya ada ya? jam kuliah yang masuk jam ½ 6 terus pulangnya jam 9 malam kayak gini… Kamu beneran ke kampus??”
“ Kenapa sih emangnya? kok tumben mama tanyanya begitu??”
“ Tadi mama nerima telphon dari teman kamu… dia tanyain kamu kenapa hari ini kamu nggak masuk?? terus selama mama pergi… kamu juga jarang masukkan?? masuk-masuk pas praktek, itu juga kamu sering bengongkan di kelas… dan menurut yang jaga kompleks ini… dulu pas mama pergi kamu sering keluar malam ngebut lagi… Terus setiap akhir pecan seperti sekarang… kamu jarang pulang… Terus….”
“ Mom… Aku ke kamar dulu ya!”
“ Tadi mama ingin masuk ke kamar kamu… tapi di kunci… mama cari kunci cadangannya tapi nggak ada, terus kata bibi udah beberapa minggu ini dia nggak beresin kamar kamu… kenapa Sya??”
“ Sya baik-baik aja kok”
“ Sya… bisa kamu jelasin semua ini?? mama mohon!! mama nggak mau kalau sampai kamu kenapa-kenapa”
Aku pun kembali melanjutkan langkahku menuju kamar, sambil menahan rasa sakit habis di kemo.
          Esok harinya aku di panggil papa di ruang kerjanya.
“ Sya… kamu kenapa sih? kamu tahu tidak semalaman mama itu nggak bisa tidur mikirin kamu… kamu kalau ada masalah cerita donk sama kita, gimana jugakan kita itu orang tua kamu… Ok! papa bukan papa kandung kamu… tapi saat ini kamu itu udah jadi anak papa. Dan papa juga nggak akan punya anak dari mama kamu karena rahimnya sudah diangkat gara-gara keguguran beberapa tahun lalu. Tapi izinin papa jadi kepala rumah tangga yag baik… Papa tahu kamu belum bisa ngelupain Rey, tapi Sya… yang sayang sama kamu itu bukan Cuma Rey tapi papa juga…”
“ Pah… jangan ngomong gitu ya! Selama ini papa udah jadi kepala rumah tangga yang baik kok! Dan Sya makasih banget soalnya papa udah ngasih harapan baru ke mama. Tapi ada kalanya seorang anak nggak perlu cerita tentang masalah yang di hadapinya kepada orang lainkan termasuk orang tuanya… Sya udah gede… udah tahu mana yang baik dan yang buruk! maafin Sya ya kalau udah bikin kecewa papa sama mama, Tapi kalian tahukan setiap anak selalu ingin membahagiakan orang tuanya…”
“ Sya… mama sayang sama kamu… kamu jangan pernah tinggalin mama ya!” ucap sang mama yang tiba-tiba muncul langsung memeluk Raysya.
“ Sya juga sayang sama mama… Papa… kak Giska… dan semuanya…”
          Wow Tahun baru hanya tinggal beberapa minggu lagi. Kira-kira Raysya bisa nggak ya? rayain Tahun Baru kali ini… Kata Om Alex sih umurnya udah nggak lama lagi… tapi kata beliau yang mentakdir umur kita bukan dokter tapi Tuhan… dan Raysya yakin Tuhan akan memberikan yang terbaik untuk setiap umatnya.
“ Hallo ini Pak Alex??”
“ Iya…”
“ Pak… Non Raysya… kambuh lagi… badannya panas, mukanya pucat, terus muntah-muntah… udah gitu sekarang dia setengah sadar…”
“ Ya sudah… saya akan kirim ambulans ke sana, bibi jagain Raysya ya!”
          Sesampainya di RUmah Sakit aku langsung di bawa ke ruang ICCU, karena memang sudah gawat banget keadaannya.
“ Lex gimana keadaan Raysya?” tanya Tante Vina, begitu Om Alex keluar dari R.ICCU.
“ Vin… Raysya koma’… dan aku nggak tahu sampai kapan… keadaannya menurun… tapi dia udah lewatin masa-masa kritisnya… Oiya Bi… orang Rumah udah ada yang tahu?”
“ Ya ampun Pak… saya lupa kasih kabar… sekarangkan Bapak sama Ibu lagi ke luar kota terus Non Giska belum balik dari Paris semenjak 2 minggu yang lalu, Gimana nih Pak?”
“ Jangan kasih tahu siapa-siapa dulu, takutnya mereka cemas, terus kerjaannya jadi nggak beres, udah berapa lama ke luar kotanya?”
“ Baru kemaren sih, katanya disana mau seminggu lebih… tapi pak kalau Non Tanya yang tanyain gimana? dari tadi dia telphon tapi saya nggak berani angkat”
“ Bilang aja kalau Raysya koma’”
          2 hari kemudian Tanya sampai di Jakarta dan langsung menuju Rumah Sakit. Tanya pun sedih saat melihat sahabatnya terbaring tak berdaya dari kaca dipintu. Kalau di pikir-pikir Tanya itu sahabat yang baik ya! begitu dengar Raysya di Rawat di Rumah Sakit dan keadaannya koma’, ia langsung terbang ke Indonesia.  
“ Maaf kamu siapa ya??”Tanya Tante Vina, yang kebetulan lewat kamarku.
“ Saya Tanya temannya Raysya… Dokter yang merawat Raysya? gimana keadaannya?”
“ O… kamu Tanya… mari ikut saya!”
Ternyata Tanya di bawa ke Ruangan Om Alex.
“ Lex… ini ada Tanya temannya Raysya…”
“ Lho kamu…. O… kamu toh yang bernama Tanya, Vin ini murid aku di Singapur dan juga ikut meneliti penyakitnya Raysya. Nggak nyangka ya kita bisa ketemu disini…”
“ Saya juga nggak nyangka bisa ketemu dokter disini”
“ Kalau untuk Raysya panggil aja Om Alex…”
“ Tapi sayang, saya kesini bukan untuk membahas itu, saya ingin jenguk Raysya dan ingin tahu kondisi dia sekarang”
“ Ok! Kamu tahukan perkembangan penyakitnya?, Saya tidak tahu kenapa dia bisa kambuh, padahal 2 hari sebelum dia di rawat dia jalanin kemo. Ternyata pas dilihat, mungkin salah satu penyebabnya dia minum alcohol. Om juga nggak ngerti kenapa dia bisa gitu. Sekarang sepertinya kita tinggal nunggu waktu aja…”
“ Maksudnya umurnya Raysya nggak akan lama lagi?”
“ Ya seperti itu… Menurut perkiraan tinggal 2 minggu lagi dan itu sebelum tahun baru di mulai…”
“ Tanya… tapi kamu harus ingat umur seseorang yang menentukan bukan dokter tapi Tuhan, Tante harap kamu bisa bantu Raysya untuk melewati masa-masa sulitnya”
“ Saya akan berusaha”
Setelah dari ruangan Om Alex, Tanya pun menemui Raysya… yang masih koma’.
“ Ra… kok bisa sih loe sampe kayak gini? kan udah gue ingetin sama loe buat jaga kesehatan… Loe nggak kasihan apa sama badan loe yang di tancepin kabel-kabel kayak gini? terus loe nggak kasihan apa sama orang-orang disekitar loe? Harusnya loe sambut gue dengan senyuman di Bandara, bukan dengan keadaan loe yang kayak gini. Bukannya loe nggak betah sama yang berbau rumah sakit? tapi apa?? Ayo donk Ra! bangun… dikit lagi udah mau Tahun Baru, ntar kita ke Puncak lagi… Ra… loe nggak pantes disini…. Ayo donk Ra… gue mau ngelihat senyum loe lagi… Oiya gue sekarang punya handycam lho… biar loe bisa lihat kegiatan gue disana, Nah ntar kita ambil gambar bareng-bareng ya! tapi loe harus sembuh dulu!!” Tanya terus menangis sambil menggenggam tangan Raysya, baru kali ini Tanya nangis kayak gitu, padahal dia nati bnaget tuh yang namanya ngeluarin air mata.

0 komentar:

Posting Komentar